Selamat datang di blog Surung Manullang, bukanlah suatu kebetulan Anda bertemu blog ini, namun mungkin inilah jawaban atas pencarian Anda selama ini. Hubungi saya di HP|WA|Telegram 081317937777.

Kebahagiaan saya adalah jika bisa membantu Anda membuka lapangan pekerjaan di Bisnis Online. Membantu Anda menjadi pemilik master Franchise Online Store global, yang didukung oleh eCommerce, Network, dan Dropshipping.

Membantu Anda dalam mengalami transformasi kehidupan, hidup sehat awet muda, dan memiliki kebebasan waktu, serta kebebasan lain sesuai keinginan Anda.

Kamis, 22 Januari 2015

Ajarkan lewat Video Tutorial

Ajarkan lewat Video tutorial
Video Tutorial
Dalam melakukan konsultasi online tentang optimasi blog, terkadang saya merasa bahwa apa yang telah susah payah saya jelaskan lewat tulisan di chattingan facebook grup seolah tidak berguna jika setelah beberapa hari kemudian diulangi pertanyaan yang sama, dan sudah saya jawab sebelumnya.

Namun mungkin karena peserta biasanya bertanya dan berkelanjutan sesuai dengan respon jawaban yang diterima, maka peserta tidak fokus kepada pertanyaan awalnya, malah lebih fokus kepada alur jawaban yang diterima, sehingga masalah awal yang ditanyakan malah tidak terselesaikan olehnya.

Mengajar Melalui Video Tutorial


Menyadari hal itu, daripada saya bolak balik menjelaskan ulang  satu permasalahan, maka jawaban atas pertanyaan peserta saya buatkan dalam bentuk video tutorial, biarkan peserta menonton ulang videonya hingga mereka mengerti. Video tutorial tersebut saya upload di facebook grup, dan untuk mengantisipasi peserta yang kesulitan menonton video di facebook, maka video yang sama, juga saya upload ke you tube, sehingga seluruh peserta atau siapapun yang mengalami kasus yang sama dan kebetulan menemukan atau subscribe ke channel youtube saya, akan bisa menonton dan mempraktekkannya.

Contoh video tutorial yang saya buat hari ini 22 Januari 2015  saya upload ke channel youtube Mrvituspolikarpus seperti berikut:



Pengalaman saya hari ini mungkin juga pernah Anda alami, maka sebaiknya Anda membuat video tutorial per topik, sehingga jika ada peserta lain di waktu yang berbeda mengalami kasus yang sama, Anda cukup memberikan link videonya yang mirip atau sama dengan kasus tersebut. Tentu hal ini akan sangat mempermudah pekerjaan Anda.

Sekali buat video tutorial bisa digunakan untuk selamanya, maka ilmu yang Anda miliki, ajarkan lewat video tutorial, itu akan membantu dirimu sendiri, dan juga membantu peserta didikmu, dan memberkati banyak orang karena bisa menontonnya secara free.

Baca selanjutnya Mengelola Blog

2 komentar:

  1. Mantap yaaa informasinya tolong analisa situs sy www.blackteapromix
    Blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. Walau video baik untuk promosi, namun video akan menjadi bumerang, jika disetting autoplay untuk beberapa video sekaligus, kecuali, jika hanya ada satu video yang dipasang autoplay masih bisa ditoleransi. Pertimbangkan orang yang akan mengakses blog Anda lewat smartphone, quota pulsa mereka akan segera terkuras habis. Buat saja judul video yang menarik, serta thumbnail yang menarik, agar video tersebut diklik dengan kemauan sendiri oleh pengunjung.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan Anda,
Jika ada hal penting hubungi saya di HP|WA 081317937777 PIN BB 798A2518